Sab. Agu 13th, 2022

Iklim membawa pengaruh besar bagi kehidupan serta keragaman sosial budaya di Indonesia. Menurut M. Noor Said dalam buku Mengenal Musim di Dunia (2019), iklim adalah keadaan cuaca selama beberapa tahun terakhir.

Butuh waktu kurang lebih 30 tahun untuk mengetahui kondisi iklim terkini. Berbeda dengan cuaca, iklim mencakup kawasan yang luas. Dengan demikian, iklim berarti tidak hanya meliputi Indonesia, melainkan sejumlah negara di Asia Tenggara atau seluruh dunia.

Pengaruh iklim terhadap keragaman sosial budaya di Indonesia sangatlah besar. Sebab kondisi iklim memengaruhi aktivitas atau kegiatan hingga cara hidup masyarakat Indonesia.

Dikutip dari buku Seri Sains: Iklim (2019) karangan Sri Winarsih, pada bidang budaya, iklim memengaruhi cara berpakaian seseorang, bentuk rumah, atau aspek budaya lainnya.

Sebagai contoh, Indonesia beriklim tropis, sehingga cara berpakaian masyarakat Indonesia lebih cocok menggunakan kaos, kemeja, dan celana berbahan tipis. Sedangkan Eropa yang cenderung beriklim subtropis, harus mengenakan pakaian yang cocok sesuai musimnya.

Misal, musim dingin berarti orang Eropa harus menggunakan pakaian tebal, sementara ketika musim panas, memakai pakaian tipis. Sederhananya, dalam kehidupan budaya, iklim memengaruhi cara hidup masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, iklim juga berpengaruh pada kondisi sosial masyarakat Indonesia.

Adanya perubahan iklim membuat manusia harus beradaptasi, baik dalam caranya berinteraksi maupun melakukan suatu pekerjaan. Misalnya kondisi iklim yang membuat cuaca terkadang berubah tidak menentu, kadang panas dan hujan tiba-tiba.

Sehingga mau tidak mau, masyarakat harus membawa payung atau jas hujan. Terkadang secara tak langsung, iklim juga memengaruhi mata pencarian masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang menggantungkan hidupnya pada sumber daya laut atau perairan.

Jika disimpulkan, ada dua pengaruh iklim terhadap keragaman sosial budaya di Indonesia, yakni: Iklim memengaruhi cara hidup masyarakat Indonesia, seperti gaya berpakaian dan bentuk rumah Iklim memengaruhi mata pencarian dan adaptasi manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.