Sen. Agu 15th, 2022

Jayapura, Noken telah ditetapkan dan diakui sebagai warisan budaya dunia oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) tepatnya 4 Desember 2012  di Paris Prancis delapan tahun silam .

Noken yang umum dikenal sebagai tas hasil rajutan khas dari Papua diakui sebagai warisan budaya dunia tak benda (intangible cultural heritage).

Penetapan ini tentu dengan proses  panjang memenuhi kriteria-kriteria yang di tetapkan sebagai upaya perlindungan terhadap warisan budaya tak benda sesuai dengan konvensi perlindungan warisan budaya tak benda oleh UNESCO tahun 2003.

Dalam rangkaian peringatan hari Noken Tahun ini, BPNB Papua melaksanakan kegiatan dialog budaya sebagai pendukungan peringatan hari Noken di beberapa tempat yaitu di Kabupaten Sarmi, Biak dan pada puncak peringatan hari jadi Noken Jumát 4 Desember 2020 di Sekolah Alam Hirosi, Sentani Kabupaten Jayapura.

Beberapa kegiatan yang dilasanakan saat puncak ulang tahun Noken ke-8 antara lain; Pameran hasil kajian BPNB Papua, praktek anyam noken oleh mama-mama pengrajin, dan penanaman bibit bahan baku pembuatan noken dari berbagai jenis pohon sebagai Arboretum Hirosi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.