Kam. Agu 18th, 2022

Perkembangan teknologi memungkinkan seller atau penjual mengembangkan bisnis dengan lebih optimal. Salah satunya melalui platform e-commerce yang memungkinkan pedagang baik itu partai besar dan kecil menjual online dengan keuntungan lebih banyak lagi.

Kini, pengusaha kecil dan menengah (UMKM) perlu mempertimbangkan untuk menerapkan teknologi dan berbagai pendekatan strategi pemasaran digital untuk integrasi yang efisien dan memberikan ruang untuk ekspansi di masa depan.

Beberapa platform e-commerce memberikan fasilitas untuk menunjang proses bisnis online para seller, berikut beberapa contohnya:

1. Sirclo

Sirclo merupakan sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang solusi e-commerce untuk membantu merek kecil dan menengah (sektor UMKM) dan perusahaan untuk menjual produk dan layanannya secara online.

Sirclo menawarkan 2 kategori penjualan online, yaitu solusi Entrepreneur (wirausaha) dan Enterprise (perusahaan).

Kategori Entrepreneur adalah toko online UMKM untuk berjualan di beberapa platform seperti websitemarketplace, dan chat commerce.

Sedangkan kategori Enterprise adalah layanan e-commerce enabler melalui Sirclo Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui Icube by Sirclo.

Platform e-commerce ini berdiri sejak 2013 dan telah melayani lebih dari 100.000 merek untuk mengembangkan bisnis online mereka.

2. GoStore

GoStore adalah platform e-commerce dari Gojek yang didukung oleh Moka dan berdiri sejak 2020.

GoStore menyediakan layanan dan fasilitas untuk membuat situs jualan online pribadi yang terhubung dengan jutaan pengguna media sosial.

Para penjual juga bisa memantau seluruh aktivitas bisnis harian yang terekam secara otomatis dan dapat diakses melalui melalui Back Office Moka. Mulai dari mengecek laporan penjualan, ketersediaan stok, data pelanggan, hingga mengatur promosi toko sendiri.

Salah satu tujuan GoStore adalah untuk memudahkan pebisnis berbagai skala untuk membuat website toko online dan memungkinkan pelanggan untuk checkout transaksi dari berbagai channel penjualan online melalui GoStore.

3. Shopify

Shopify Inc. adalah perusahaan e-commerce multinasional asal Kanada yang sudah digunakan di 175 negara dan telah menghasilkan lebih dari USD 496 miliar USD dalam penjualan menggunakan Shopify.

Shopify Indonesia resmi rilis pada 2013 dan memberikan layanan pembuatan toko online yang mudah dan lengkap.

Dikatakan, di Shopify, penjual tidak perlu mengurus hal teknis seperti setting website atau mengurus kecepatan server karena sudah menggunakan built-in website builder siap pakai.

Harga pembuatan website toko online di Shopify mulai dari USD 29 atau sekitar Rp 430 ribu rupiah per bulan dalam paket Basic Shopify.

4. Ecwid

Ecwid merupakan platform e-commerce yang menyediakan fasilitas untuk membuat toko online yang profesional tanpa programer dan desainer.

Pada platform ini, seller bisa mengintegrasikan website bisnis dan aplikasi yang sudah ada dengan Ecwid untuk mempromosikan bisnis dengan lebih optimal lagi.

Ecwid diklaim mampu menawarkan pengelolaan situs toko online yang mudah dan sederhana. Di mana, platform ini punya satu dasbor terpusat untuk mengatur manajemen pesanan, katalog produk, penetapan harga, laporan penjualan, dan lain-lain.

Sekadar informasi, Ecwid merupakan perusahan yang berdiri di Rusia, dan tengah dalam proses akuisisi oleh Canadian Lightspeed. Saat ini Ecwid Indonesia sudah tersedia dengan fitur jualan online yang memudahkan pelaku UMKM.

5. TokoTalk

TokoTalk merupakan platform solusi e-commerce yang berkomitmen mendukung kesuksesan para penjual berbagai skala bisnis, termasuk UMKM, dalam menjalani kegiatan jualan online ke pelanggan.

TokoTalk mengklaim punya layanan dan fasilitas bisnis yang baik, termasuk menghadirkan koneksi seamless ke semua kebutuhan seller saat jualan online. Keunggulan TokoTalk dibanding platform lainnya:

– menyediakan aplikasi toko online di Android

– Didukung berbagai metode pembayaran

– Ada fitur Cash on Delivery

– Punya fasilitas untuk iklan di Facebook dan Google, guna mengoptimalkan pemasaran dan promosi

– Memungkinkan seller berjualan melalui IG Shopping

– Punya fitur SEO untuk memaksimalkan performa toko online dan meningkatkan jangkauan

– Didukung fitur WhatsApp Order, di mana seller bisa mengubah chat customer menjadi orderan secara otomatis.

– Didukung cashless shippung yang memungkinkan pelanggan membayar ongkos kirim dengan Poin TokoTalk

– Terintegrasi dengan logistik

– Bebas pilih domain sendiri untuk branding toko

– Didukung fitur StoreLinks, halaman web yang bisa dipersonalisasi untuk mencantumkan lebih dari satu tautan penting dari merchant

Melalui TokoTalk, penjual bisa memulai toko online gratis, tanpa pengaturan web atau coding yang rumit.

Karena merupakan platform lokal, TokoTalk diklaim sudah didukung tim dukungan pelanggan yang siap membantu kapan pun.

TokoTalk juga dioptimalkan untuk menyasar target konsumen lokal. Kini, TokoTalk yang didukung perusahaan teknologi Korsel Codebrick sudah mendukung 700 ribu penjual sejak Maret 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.